Apel Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2012


Pada Tanggal 31 Mei 2012 lalu, Dinas Kesehatan Kota Bandung bekerja sama dengan Aliansi Kota Bandung Bermartabat Bebas Asap Rokok (AKBBBAR) telah menyelenggarakan apel pagi sekaligus penandatanganan petisi di lapangan parkir Dinas Kesehatan Kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Achyani Raksanagara. Seluruh staf Dinas Kesehatan Kota Bandung dan perwakilan dari berbagai Puskesmas di Kota Bandung turut mengikuti runtutan acara apel tersebut dengan khidmat. Hadir pula dalam apel tersebut Ketua AKBBBAR, Deni K Sunjaya; Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Bandung, Ismail Eka Wijaya; dan Koordinator Komunitas Antirokok Bandung (KAR Bandung), Firman Prawira Kusuma.
Seusai apel, seluruh peserta secara bergiliran menandatangani pernyataan dukungan atas penerapan peraturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), terutama di ruang-ruang publik. Pernyataan dukungan ini akan dikumpulkan sebagai materi legislasi untuk mewujudkan Kota Bandung yang terbebas dari asap rokok. Para penanda tangan dukungan juga membubuhkan tanda tangan dan pesan mereka pada bentangan kain yang telah disediakan. Kegiatan ini berhasil menggalang dukungan yang cukup besar, jumlah totalnya mencapai 157 dukungan.
Diharapkan komitmen ini dapat terus dipertahankan, bahkan setelah gempita perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia usai. Oleh karena itu, penggalangan tanda tangan ini akan terus dilanjutkan. AKBBBAR dan KAR Bandung telah merancang petunjuk bagi warga Bandung yang ingin ikut berperan serta mendukung terwujudnya KTR di Kota Bandung. Semoga penggalangan dukungan dapat terus dilakukan di berbagai instansi, sekolah, kampus, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya.
-Rozar Prawiranegara-

Posted on June 7, 2012, in Even and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Apa Komentar Anda?